`

 

Wujudkan Layanan Terbaik di Bidang Pertanahan, Kementerian ATR/BPN bersama Pemkot Bandung Gelar Pelatihan Administrasi Pertanahan Pemerintah Kelurahan

15/06/2021 17:38:34

 

Bandung - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menggelar Pelatihan Administrasi Pertanahan Pemerintah Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Pelatihan yang dilaksanakan melalui pertemuan daring pada Senin (14/06/2021) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan pemahaman sehingga memenuhi kualifikasi standar kompetensi teknis dan dapat mendukung tugas dan kunci dalam menangani permasalahan pertanahan. 
 
Kepala PPSDM, Deni Santo berkata bahwa ke depannya, pemerintah memang akan bersama membangun satu layanan bagi masyarakat, yakni berpacu dalam memberikan tata kelola layanan pemerintahan yang baik sesuai dengan government principal. Ia berpendapat bahwa kolaborasi antar lembaga ini menjadi satu entitas kesadaran bersama untuk memberikan layanan terbaik masyarakat. 
 
Deni Santo memaparkan terkait pengalamannya saat membuka pelatihan mediasi pertanahan di Jawa Timur beberapa waktu lalu. Menurutnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggugah seluruh aparatur pemerintahannya untuk punya keahlian administrasi pertanahan. “Karena kalau administrasi pertanahannya baik, pemerintahannya akan lebih mudah, nanti Bapak Ibu akan mengerti pentingnya ahli administrasi pertanahan,” tuturnya.
 
Terkait pelatihan demi meningkatkan kompetensi, Deni Santo juga mengkaitkan kegiatan ini dengan indeks profesionalisme ASN yang memiliki 4 indeks yakni indeks dimensi kualifikasi, indeks dimensi kompetensi, indeks dimensi kinerja dan indeks dimensi kedisiplinan pegawai. “Terima kasih atas kerja sama ini, semoga jadi momentum yang baik dalam meningkatkan kualitas layanan kita,” pungkasnya. 
 
Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Dadang Gantina; Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berkata bahwa semoga pelatihan ini dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kapabilitas dalam administrasi pertanahan. Menurutnya, tanah adalah aset sentral bagi Negara sehingga pemerintah harus mengupayakan pelayanan di bidang pertanahan dengan baik agar tidak terjadi permasalahan di masyarakat. 
 
Ema Sumarna menjelaskan bahwa permasalahan pertanahan seringkali terjadi karena ketidaktahuan masyarakat terkait administrasi pertanahan. Itulah mengapa kelurahan perlu dibekali kompetensi untuk dapat menyelesaikan permasalahan pertanahan. Ia berharap outputnya nanti sistem manajemen pertanahan lebih kuat dan berorientasi pada pelayanan yang baik, sehingga kepercayan publik meningkat dan literasi masyarakat semakin kuat. “Saya minta kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik,” tambahnya.
 
Lebih lanjut, pelatihan ini terbagi menjadi 2 angkatan. Angkatan I berlangsung pada tanggal 14-17 Juni 2021 dan akan melaksanakan uji kompetensi online pada tanggal 17 Juni. Peserta angkatan I saat ini berjumlah 101 lurah dan pegawai kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Untuk angkatan 2, akan berlangsung pada tanggal 28 Juni s.d. 1 Juli 2021 serta diikuti oleh 50 lurah. Uji kompetensi online angkatan 2 akan berlangsung pada tanggal 2 Juli 2021. (AR/JR)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Lakukan Transformasi Manajemen Pegawai, Upaya Kementerian ATR/BPN Ciptakan Birokrasi yang Dinamis
05/07/2021 14:28:15

Jakarta &ndash Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah menerapkan Transformasi Manajemen ASN dan diikuti oleh sistem birokrasi yang dinamis. Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Dalu Agung Darmawan mengatakan bahwa birokrasi merupakan motor utama penggerak pembangunan dan memiliki fungsi strategis untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. &ldquoOleh karena itu, birokrasi harus bersifat dinamis dan siap menghadapi perubahan, cara kerja baru yang lebih inovatif, adaptif, dan responsif. Birokrasi yang siap menghadapi lingkungan dinamis dengan pendekatan yang proaktif serta tidak alergi dengan perubahan,&rdquo ujarnya, Jumat, (02/07/2021).
Perkuat Tata Kelola Penetapan Tanah Telantar, Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialisasi PP Nomor 20 Tahun 2021
18/03/2021 14:38:57

Jakarta &ndash Sebagai upaya penguatan kewenangan penetapan tanah telantar, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang menggelar sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Telantar via webinar pada Rabu (17/03/2021). 
Menteri ATR/Kepala BPN Ungkap Tujuan Dibentuknya UUCK
22/10/2020 23:20:39

Jakarta - Sejak disetujui oleh DPR RI, Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) terus mendapat tanggapan dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari mahasiswa, para buruh hingga pelaku usaha. Selain itu, tiap-tiap kementerian yang terkait dengan klaster undang-undang tersebut, sedang giat menyelesaikan peraturan pelaksananya, termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang segera menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait UUCK.

 
Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Daerah, Menteri ATR/Kepala BPN: Esensi Kurban Adalah Membantu Orang yang Membutuhkan
22/07/2021 10:45:30

Jakarta &ndash Meski berada di tengah pandemi, umat Islam di Indonesia tetap melakukan kurban sebagai salah satu bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Iduladha. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun turut berkurban, yakni sebanyak 50 ekor sapi dan 13 ekor kambing dalam rangka Iduladha 1442 H yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 ini. Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan melalui pertemuan daring oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, Rabu (21/07/2021).

 
Roadmap Kawasan Pawonsari, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN: Tata Ruang Menjadi Kunci
04/04/2021 21:42:53

Pacitan &ndash Menutup serangkaian Kunjungan Kerja Pembangunan dan Pengembangan wilayah Jawa Bagian Selatan dalam PAWONSARI (Pacitan, Wonogiri, Wonosari), Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra bertolak ke Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan untuk melakukan diskusi terkait Pawonsari, Jumat (02/04/2021).