`

 

Buka Pelatihan Administrasi Pertanahan Gelombang II, Berikut Arahan Menteri ATR/Kepala BPN

23/05/2021 14:21:28

 

Surabaya - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur menggelar Pelatihan Administrasi Pertanahan bagi Petugas Pengelola Pertanahan Daerah (P3D) Gelombang II pada Jumat (21/05/2021) bertempat di Hotel Novotel Samator, Surabaya. Pelatihan ini merupakan program kerjasama Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melatih pejabat untuk mengelola pertanahan di tingkat daerah. 
 
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil dalam sambutannya berkata bahwa Ia memberikan dukungan penuh atas inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membantu Kementerian ATR/BPN di tingkat daerah. Selain dalam bentuk upaya percepatan pendaftaran tanah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga mengirim pegawai yang mengelola pertanahan di tingkat daerah untuk mengikuti pelatihan ini. 
 
Dalam kesempatan ini, Sofyan A. Djalil juga berbagi pengalamannya terkait salah satu prinsip hidup, yaitu menciptakan nilai tambah setiap hari. Dirinya kerap berusaha melakukan banyak hal dengan maksimal meski dalam hal yang sederhana sekalipun. Ia pun berpesan pada Kepala Kanwil BPN dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan untuk senantiasa meningkatkan sistem yang ada untuk menjadi lebih baik setiap harinya. "Sesuatu yang nilai tambahnya meningkat setiap harinya, akan menciptakan kemajuan. Mari kita tanamkan mindset ini agar senantiasa dapat memberikan pelayanan pertanahan agar semakin baik dan tertib," jelasnya.  
 
Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar menjelaskan bahwa sebelumnya telah berlangsung pelatihan P3D gelombang pertama dengan total peserta sejumlah 105 peserta dan saat ini total peserta gelombang kedua sejumlah 97 peserta. Jonahar berharap semoga akan ada pelatihan serupa di gelombang-gelombang berikutnya sehingga tercapai target 1 petugas P3D untuk 1 kecamatan, bahkan hingga target 1 petugas P3D untuk 1 desa. 
 
Menurut Jonahar, jumlah P3D yang mengikuti pelatihan hingga gelombang II ini berbanding lurus dengan komitmen Tri Juang yang akan diwujudkan. Banyak Bupati dan Wali Kota daerah di Jawa Timur yang peduli dengan kondisi pertanahannya sehingga turut membantu menyukseskan pelatihan ini. "Mohon bagi para peserta P3D untuk benar-benar disimak, mudah-mudahan dapat menjadi bekal untuk menyelesaikan permasalahan pertanahan di Jawa Timur," tutur Jonahar.
 
Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil E. Dardak menyampaikan rasa terima  kasih atas kehadiran Sofyan A. Djalil selaku Menteri ATR/Kepala BPN yang hadir dalam pembukaan pelatihan ini karena memberikan semangat yang luar biasa untuk peserta pelatihan. Menurutnya, pengelolaan pertanahan di Jawa Timur, dengan kondisi luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang padat memang tidaklah mudah. Pihaknya dihadapkan dengan banyaknya tantangan penyediaan tanah untuk publik.
 
Emil E. Dardak juga bersyukur terkait integrasi Kementerian ATR/BPN untuk menjadi pengelola pertanahan yang tak hanya berkutat di penyediaan tanah namun juga mengatur land use sehingga pengelolaan tanah akan lebih tepat dan berkeadilan. Menurutnya, hal ini akan berguna dalam menciptakan sustainability atau keberlanjutan bagi pengelolaan tanah di Jawa Timur secara jangka panjang. "Mudah-mudahan pelatihan ini diberikan kelancaran serta menjadi salah satu pintu bahwa kami bisa menjadi mitra yang konsisten dalam menjalankan setiap program dari Kementerian ATR/BPN," tutupnya. (AR/RM)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Kementerian ATR/BPN Bersama Forkopimda Berkomitmen Selesaikan Sengketa Tanah Sumut
29/07/2020 15:48:34

Medan - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melalui Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Utara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkomitmen untuk menyelesaikan sengketa pertanahan di Provinsi Sumatra Utara. "Penyelesaian sengketa pertanahan di Sumatra Utara saat ini diikuti terus oleh Presiden Joko Widodo," ujar Menteri ATR/Kepala BPN saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan dan Penyelesaian Masalah Pertanahan di Provinsi Sumatra Utara di Pendopo Gubernur Sumatra Utara, Medan, Rabu (29/07/2020).
Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sembilan Sertipikat Hak Pakai TNI AD
12/08/2020 20:02:20

Semarang - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan 9 (sembilan) sertipikat tanah Hak Pakai kepada TNI Angkatan Darat di Markas Komando Daerah Militer (Kodam) IV Diponegoro, Kabupaten Semarang, Rabu (12/08/2020). Sembilan sertipikat Hak Pakai atas nama Pemerintah RI cq. Kementerian Pertahanan RI tersebut diterima oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa. Lima sertipikat Hak Pakai tersebut berasal dari tanah Urutsewu, yang merupakan hasil penyelesaian sengketa pertanahan serta 4 (empat) sertipikat tanah lainnya merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Kebumen

 
Langkah Pemerintah dalam Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria
29/07/2021 12:37:10

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya keras menyelesaikan konflik agraria yang melibatkan berbagai pihak. Penyelesaian konflik agraria ini menjadi salah satu fokus dari program Reforma Agraria yang gencar dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Presiden memang menghendaki bahwa dengan Reforma Agraria, konflik serta sengketa pertanahan yang ada dapat segera terselesaikan.
Susun Strategi Dalam Membangun Organisasi, Kementerian ATR/BPN Belajar dari Korporasi
24/12/2020 10:49:06

Strategi yang efektif diperlukan untuk mewujudkan visi, nilai dan tujuan organisasi. Dimulai dari identifikasi kapabilitas bagian atau divisi dalam sebuah organisasi hingga menyusun konten atau eksekusi strategi yang ingin dilakukan organisasi. Berangkat dari hal itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan talkshow "LearnShare Bersama Pengusaha Muda Sukses" dengan tema Penyusunan dan Eksekusi Rencana Strategis untuk Kemajuan Korporasi/Organisasi yang diadakan melalui video conference, Rabu (23/12/2020). 
Reforma Agraria di Jantung Ibu Kota
03/12/2020 18:39:15

Jakarta - Pelaksanaan program yang menjadi visi Presiden Joko Widodo untuk menyejahterakan masyarakat secara merata melalui Reforma Agraria, tentunya menjadi tanggung jawab bersama. Untuk mempermudah pelaksanaannya maka dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). Meskipun demikian, masih perlu penyamaan persepsi dalam mengimplementasi pelaksanaan GTRA antar pemangku kepentingan.