`

 

Kegiatan Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian ATR/BPN Diikuti 1.621 Mahasiswa

06/07/2021 10:38:11

 

Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) memulai pelaksanaan Kegiatan Magang Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) pada Senin (05/07/2021). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah yang juga menjadi pilot project di lembaga/instansi lainnya dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala PPSDM, Deni Santo saat membuka kegiatan yang dilakukan secara daring ini. Menurutnya, Kementerian ATR/BPN sangat serius dalam melaksanakan program MBKM. “Kita serius ingin memberikan pengalaman kerja kepada para mahasiswa, membuat program magang ini. Kami sudah melaporkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek), untuk bisa secara bersama-sama diawasi karena ini menjadi program nasional,” ujarnya.
 
Selama kegiatan magang, ia memastikan, mahasiswa akan dinilai berdasarkan indikator kerjanya. Para mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih satuan kerja yang diminati. Kepala PPSDM menegaskan, seluruh satuan kerja akan memperlakukan mahasiswa magang sama dengan pegawainya.
 
“Kita tidak membatasi ingin ke mana minatnya, yang namanya MBKM itu kebebasan diberikan kepada mahasiswa untuk menentukan apa yang diinginkan dalam program ini. Kita memberitahu universitas, memenuhi syarat atau tidak, jurusan apa untuk memilih unit/satuan kerja, serta bagaimana mengkonversi SKS-nya di universitas masing-masing,” terang Deni Santo.
 
Lebih lanjut, Deni Santo mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN akan memberikan dua sertifikat, yaitu sertifikat pelatihan dan sertifikat magang sebagai bekal para peserta magang untuk menghadapi dunia kerja. “Sertifikat itu berisi kompetensi apa saja yang didapatkan. Itu akan menjadi referensi untuk melamar pekerjaan,” pungkasnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi PPSDM, Bambang Gunawan melaporkan bahwa tercatat sebanyak 8.000 pendaftar kegiatan magang MBKM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.621 mahasiswa mendapatkan rekomendasi dari universitas untuk mengikuti MBKM di lingkungan Kementerian ATR/BPN.
 
“Tugas peserta magang, melaksanakan program magang sesuai dengan etika dan profesionalisme, sesuai dengan arahan pembimbing yang telah ditentukan atau ditugaskan, melaporkan setiap kegiatan magang secara teratur kepada mentor dan pembimbing dengan mengisi _log book_, lalu membuat laporan akhir pelaksanaan magang dan mempresentasikannya pada akhir pelaksanaan magang,” papar Bambang Gunawan.
 
Sebagai informasi, peserta magang MBKM Kementerian ATR/BPN ini akan disebar ke seluruh satuan kerja di pusat maupun daerah. Rangkaian kegiatan berlangsung selama tiga bulan, dengan jadwal antara lain 5-14 Juli 2021, mengikuti pelatihan secara _blended learning_ melalui _zoom meeting_; 15 Juli 2021, mengikuti _launching_ program MBKM secara virtual; 19 Juli-1 Oktober 2021, pelaksanaan kegiatan magang sesuai satuan unit kerja masing-masing; 4-8 Oktober 2021, penyusunan laporan akhir kegiatan magang; 11-15 Oktober 2021, presentasi hasil laporan kegiatan magang; dan 20 Oktober 2021, penyerahan sertifikat dan pengembalian mahasiswa magang. (YS/JR)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Kementerian ATR/BPN Wujudkan Birokrasi yang Bersih, Bebas KKN Melalui Pelatihan Reformasi Birokrasi
08/06/2021 11:22:54

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berkomitmen mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam rangka menciptakan birokrasi yang bersih, bebas KKN, berdaya dan melayani. Oleh karena itu, Kementerian ATR/BPN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) melaksanakan pelatihan Reformasi Birokrasi tahun 2021 melalui pertemuan daring, Senin (07/06/2021). 

 
Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN: Utamakan Pemetaan Kontekstual Papua
28/07/2021 09:28:24

Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah fokus menggarap percepatan kesejahteraan di tanah Papua. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Terdapat beberapa aspek yang menjadi fokus utama Kementerian ATR/BPN dalam mengambil peran, seperti yang dipaparkan oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra dalam wawancara daring bersama Katadata pada Senin (26/07/2021).
UUCK Sah, Pemerintah Susun Peraturan Pelaksanaan Bank Tanah
10/10/2020 09:06:59

Kewajiban negara membentuk Bank Tanah, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja, mengharuskan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera menyusun Peraturan Pemerintah terkait hal tersebut. "Bank Tanah merupakan institusi pemerintah pusat. Peraturan Pemerintah dari seluruh Undang-Undang Cipta Kerja ini ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga bulan. Tapi, akan kita kebut, mudah-mudahan akan jauh lebih cepat selesai," kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil.
Pertajam Kemampuan ASN Muda, Kementerian ATR/BPN Gelar Pelatihan Effective Presentation Skill
24/03/2021 17:18:46

Jakarta - Kemampuan presentasi sudah menjadi kemampuan wajib dalam aktivitas perkuliahan maupun pekerjaan yang melibatkan komunikasi, terlebih bagi Aparatur Sipil Negara. Tak hanya persoalan presentasi namun juga bagaimana menyampaikan pesan inti dari presentasi agar pesannya dapat sampai ke pendengar dengan baik dan efektif. Berdasarkan hal ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menggelar Webinar Aparatur Muda Unggul ATR/BPN yang bertajuk Effective Presentation Skill pada Selasa (23/03/2021).
Regulasi dan Peningkatan SDM Kunci Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
13/01/2021 10:44:41

Jakarta - Indonesia merupakan negara besar yang memiliki potensi dan kesempatan untuk menjadi negara maju. Dengan keyakinan yang dimiliki rakyatnya, Indonesia bisa cukup optimis tentang masa depan. Tetapi untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia memiliki tantangan, bagaimana menjadikan potensi yang ada menjadi sumber kesejahteraan. "Pemerintah telah mengidentifikasi tantangan tersebut, salah satunya adalah di negeri kita terlalu banyak regulasi," ucap Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil saat menjadi Keynote Speaker pada kegiatan Diskusi Publik Virtual Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang mengusung tema Proyeksi Awal Tahun dan Outlook Ekonomi 2021, Kondisifitas Iklim Investasi Berkeadilan dan Mensejahterakan Rakyat Pasca UU Cipta Kerja, Selasa, (12/01/2021).