`

 

Kementerian ATR/BPN Persiapkan CPNS 2021 Ikuti Pelatihan Dasar dengan Metode Blended Learning

25/03/2021 10:02:13

 

Jakarta – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Tahun 2021 akan segera menjalani Pelatihan Dasar sebagai penentuan pengangkatan menjadi PNS. Namun sebelumnya, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN mengadakan Pengarahan Calon Peserta Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021 secara daring pada Rabu (24/03/2021).
 
Membuka kegiatan tersebut, Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN, Deni Santo menyampaikan bahwa Pelatihan Dasar merupakan salah satu proses yang harus dilalui oleh CPNS. Apabila para CPNS dinyatakan lulus, maka akan diangkat menjadi PNS. “Ini kesempatan yang baik, dari calon menjadi PNS, jadi harus diperhatikan, tidak semena-mena. Gunakan kesempatannya untuk belajar dengan baik sehingga nanti bisa dinyatakan lulus sebagai CPNS lalu diangkat dalam jabatan PNS,” ujarnya.
 
Sebanyak 763 CPNS yang akan mengikuti Pelatihan Dasar ini diharap mampu membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme serta kebangsaan. Deni Santo menerangkan, “Bentuk karakter dan kepribadian yang unggul, bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi masing-masing CPNS itu yang diharapkan oleh kita sekarang ini. Tentunya di dalam prosesnya teman-teman harus memperkuat profesionalisme.”
 
Menurutnya, Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) juga berlaku sebagai dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme PNS. Indeks yang dimaksud antara lain indeks kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin. Dia pun meminta agar keempat indeks ini mampu dibangun oleh para CPNS. Hal ini menjadi bagian awal bagi seorang CPNS untuk memulai, membangun, dan memperkuat profesionalismenya. 
 
Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021 akan diselenggarakan dengan metode Blended Learning yang terbagi jadi tiga tahap, yang pertama Self Learning (Pembelajaran Mandiri) yang dilaksanakan melalui pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) dengan memanfaatkan sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kedua, Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) yaitu merupakan bentuk pembelajaran kolaboratif yang dilaksanakan melalui e-learning (Learning Management System (LMS)) dan aktualisasi di tempat kerja. 
 
Sementara yang terakhir, Pembelajaran Klasikal akan dilaksanakan di tempat penyelenggaraan Pelatihan, yaitu PPSDM ATR/BPN. Dalam hal ini, dilakukan proses pendampingan dengan kegiatan penguatan jasmani, rohani dan/atau spiritual yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan Kementerian ATR/BPN serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi ASN. (YS/TA) 
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Seluruh Satuan Kerja Kementerian ATR/BPN, Kini Terintegrasi e-Office
09/11/2020 17:34:57

Jakarta - Administrasi surat-menyurat yang merepotkan, pengirim surat harus mengirimkan berkas tercetak, tumpukan berkas dan kertas bekas di mana-mana ke depan diharapkan tidak akan ditemui lagi di kementerian ATR/BPN. Mulai 8 November 2020, seluruh satuan kerja di Kementerian ATR/BPN gunakan e-Office.
Kementerian ATR/BPN Lakukan Peningkatan Kualifikasi Aparatur Muda Unggul ATR/BPN dalam Bidang Bahasa dan Akademik
10/03/2021 09:24:09

Program Aparatur Muda Unggul ATR/BPN yang akan dilaksanakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) terus dikembangkan. Hal ini dikarenakan SDM yang unggul merupakan aset berharga untuk pencapaian visi misi Kementerian ATR/BPN, yang salah satunya adalah menuju institusi berstandar dunia. Untuk itu, PPSDM mengadakan webinar yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (09/03/2021) dengan tema _How to Successfully Passing English Test and Academic Test to Open Up Global Opportunities_.
Kementerian ATR/BPN menyerahkan Data IP4T dalam Mendukung Pengembangan Food Estate
11/09/2020 12:09:01

Jakarta - Pemerintah telah menetapkan wilayah Kalimantan Tengah sebagai lokasi program food estate. Ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan jangka panjang. Program ini merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, peternakan di suatu kawasan yang dikembangkan di beberapa wilayah di Kalimantan Tengah.

 
Pawonsari Diharapkan Masuk dalam Program Strategis Nasional
14/06/2021 10:13:20

Yogyakarta - Percepatan pelaksanaan Pawonsari sebagai model pengembangan Jawa Bagian Selatan terus dilakukan, salah satunya dengan mengupayakan Pawonsari agar masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN). Selain Reforma Agraria yang akan menjadi wadah dalam pelaksanaan pembangunan di Pawonsari, tata ruang juga diharapkan dapat menjadi panglima pembangunan di kawasan Pawonsari.

 
Wamen ATR/Waka BPN Tinjau Pelaksanaan Reforma Agraria di Desa Karya Jaya, Kutai Kartanegara
26/03/2021 16:14:56

Kutai Kartanegara - Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra didampingi Kepala Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Timur, Asnaedi beserta jajaran mengunjungi “Desa Inklusif”  Desa Karya Jaya yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (25/03/2021). Kunjungan ini dilaksanakan untuk berdiskusi dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat setempat terkait dengan pelaksanaan Reforma Agraria.