`

 

Kementerian ATR/BPN Dorong Peningkatkan Kualitas PPAT

04/06/2021 09:45:15

 

Jakarta - Peran Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam mendorong dan menyukseskan program dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dirasa begitu penting. Untuk itu peningkatan kualitas dari seorang PPAT untuk membuat akta tanah secara profesional dan berintegritas menjadi salah satu perhatian dari Kementerian ATR/BPN.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT), Suyus Windayana saat memberikan arahan dalam acara Peningkatan Kualitas PPAT Gelombang I Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah di Hotel Royal Kuningan, Jakarta (02/06/2021).
 
Suyus Windayana mengatakan dalam peningkatan kualitas PPAT akan direncanakan secara rutin 3 tahun sekali. Sebagai mitra Kementerian ATR/BPN, PPAT dirasa perlu mendapatkan peningkatan kualitas dalam membuat produk pertanahan. "Kita akan mendata, banyak sekali kebutuhan aturan terutama di era globalisasi, persaingan dengan negara lain kita membutuhkan peraturan yang adaptif, jadi kita akan melakukan peningkatan kualitas pada PPAT," ujarnya.
 
Era perkembangan teknologi harus mengubah tata cara dan sistem bekerja. Suyus Windayana menuturkan jika sistem elektronik akan banyak digunakan maka dari itu adaptasi secepat mungkin dan buat peraturan yang lebih mudah. "Supaya kita bisa bersaing secara global, untuk itu kita siapkan SDM, serta buat peraturan menjadi lebih mudah. Apalagi target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap-red) makin banyak yang mana semua bidang tanah akan kita daftarkan," imbuh Dirjen PHPT.
 
Suyus Windayana juga mengungkapkan bahwa Peran PPAT dalam melawan mafia tanah juga sangat diperlukan. Ia melanjutkan, jika ada oknum PPAT yang bermain dengan mafia tanah maka akan segera diberhentikan, karena kita menerapkan kode etik untuk dijalankan bersama-sama. Jika ada yang melanggar akan berdampak kurang baik kepada Kementerian ATR/BPN karena PPAT merupakan bagian dari _trusted society_.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IPPAT, Hapendi Harahap menuturkan berterima kasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah mendorong, mendukung serta membina PPAT. "PP IPPAT dalam berupaya meningkatkan kualitas PPAT yang memiliki tujuan, tugas dan tanggung jawab selaku membuat akta pertanahan dan kami sedang membuat buku panduan, dengan ini kami berharap peningkatan kualitas PPAT dapat terwujud," tuturnya.
 
Selain dihadiri oleh Dirjen PHPT, turut hadir juga Sesditjen PHPT Kementerian ATR/BPN, Suwito; Direktur Pengaturan Tanah Komunal, Hubungan Hukum dan PPAT, Musriadi serta jajaran pengurus PP IPPAT. (JR/RZ)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Tutup Rakerda Jawa Tengah, Sekretaris Jenderal: Program Digitalisasi Tidak Bisa Ditolak
21/10/2020 07:06:36

Dalam rangka mencapai Realisasi Kinerja Fisik dan Anggaran di atas 90% dan sebagai bentuk tindak lanjut hasil pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Nasional Terpusat tanggal 7 Oktober s.d. 10 Oktober 2020, Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan Rapat Kerja Daerah pada tanggal 14 Oktober s.d. 16 Oktober 2020 dengan tema Satu Data Jawa Tengah Menuju Satu Data Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Grand Artoz Magelang, Jumat (16/10/2020).
Sertipikat Elektronik, Satu Lagi Bukti Transformasi Digital Kementerian ATR/BPN
04/02/2021 11:09:23

Jakarta - Pesatnya kemajuan perkembangan teknologi mendorong semua orang berlomba-lomba memanfaatkan layanan berbasis elektronik. Munculnya berbagai aplikasi guna menunjang kebutuhan setiap orang memang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Istilahnya hidup sekarang menjadi lebih praktis karena di mana saja setiap orang dapat mengakses informasi yang memang dibutuhkan.
Komitmen Pemerintah dalam Percepatan Penyelesaian Permasalahan Tanah Transmigrasi di Kabupaten Paser
15/07/2021 13:50:31

Dalam rangka efektivitas pelaksanaan program Reforma Agraria, perlu dilakukan percepatan penyelesaian masalah tanah transmigrasi yang merupakan bagian dari program Reforma Agraria. Dalam rangka mempercepat, memperlancar dan mengefektifkan pelaksanaan penyelesaian masalah tanah transmigrasi di seluruh Indonesia termasuk juga di Kabupaten Paser, pada Agustus 2020 lalu telah dibentuk Tim Lintas Sektor (Tim Lintor) yang terdiri dari unsur-unsur kementerian terkait yang juga merupakan bagian dari Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tanggung Jawab Seluruh Jajaran, Mulai dari Staf Terbawah Hingga Pucuk Pimpinan
13/07/2021 10:15:57

Bogor - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) selenggarakan pelatihan Reformasi Birokrasi Tahap II, Senin (12/07/2021). Pelatihan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh 179 peserta yang berasal dari satuan kerja pusat, kantor wilayah hingga kantor pertanahan. 
Terus Perbaiki Kinerja, Nilai Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian ATR/BPN Meningkat
02/06/2021 16:05:23

Jakarta - Pada berbagai kesempatan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ia berkomitmen untuk memperbaiki kualitas birokrasi dan layanan publik. Sebagai salah satu institusi yang mendapatkan mandat untuk melayani masyarakat, tentu saja Kementerian ATR/BPN secara konsisten melaksanakan arahan tersebut. Terbukti dengan terus meningkatnya nilai indeks Reformasi Birokrasi yang diperoleh dari Kementerian PANRB.