`

 

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kementerian ATR/BPN Kolaborasi dengan PT PNM (Persero)

01/06/2021 08:57:19

 

Jakarta – Pada tahun 2017 lalu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) (Persero) membuat nota kesepahaman mengenai Percepatan Sertipikasi Hak Atas Tanah dan Penanganan Permasalahan Tanah Agunan Milik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Guna menindaklanjuti nota kesepahaman tersebut, Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT PNM (Persero) di Hotel Sari Pacific, Senin (31/05/2021). PKS tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria, Andi Tenrisau dan Direktur Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero), Tjatur H. Priyono.
 
Dalam sambutannya, Andi Tenrisau berkata bahwa penandatanganan kesepakatan pada hari ini merupakan bagian penting dari peranan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut, Dirjen Penataan Agraria mengutarakan bahwa PT PNM (Persero) sangat potensial dan mempunyai nasabah cukup besar, yaitu 9,5 juta orang. “Kita punya target 9 juta dalam Reforma Agraria, ini potensi yang luar biasa. Oleh karena itu, semua jajaran di tingkat Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota untuk betul-betul menindaklanjuti PKS kali ini,” kata Dirjen Penataan Agraria.
 
Tertuang dalam isinya, PKS tersebut bertujuan untuk menyinergikan pelaksanaan tugas dan fungsi serta kewenangan Kementerian ATR/BPN dan PT PNM (Persero) dalam melaksanakan program pemberdayaan tanah masyarakat kepada penerima manfaat tanah dari program Reforma Agraria atau program pertanahan lainnya. “Sudah sewajarnya Kementerian ATR/BPN hadir apabila kita membicarakan kesejahteraan rakyat yang basisnya dari hak atas tanah,” ujar Andi Tenrisau.
 
Hukum pertanahan di Indonesia, melalui Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 telah mengamanatkan melalui Pasal 33 Ayat (3) bahwa "Bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Menurut Dirjen Penataan Agraria terdapat dua variabel penting dalam pasal tersebut, yakni semua sumber daya agraria dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. 
 
Berdasarkan pasal tersebut, Andi Tenrisau mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN tidak hanya hadir memberikan kepastian hukum, tetapi juga berupaya mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. “Jika hanya sekedar legalisasi aset, pikiran saya, kemakmuran rakyat belum bisa kita optimalkan. Ini harus disertai dengan kegiatan pemberdayaan yang disertai dengan penataan akses atau akses reform,” ujarnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Dirjen Penataan Agraria juga menyatakan bahwa Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan Reforma Agraria bukan hanya panggilan tugas, tetapi ini juga merupakan wujud kerja mulia. Mengapa? Menurut Andi Tenrisau hal ini dikarenakan melalui Reforma Agraria, Kementerian ATR/BPN mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. “Oleh karena itu, Saya ucapkan terima kasih kepada PT PNM (Persero) yang sudah ikut serta dalam kegiatan Reforma Agraria,” ujar Dirjen Penataan Agraria.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero), Tjatur H. Priyono menyampaikan bahwa dalam kegiatan utama PT PNM (Persero) adalah mendukung kegiatan pemberdayaan usaha kecil, mikro dan menengah. Oleh karena itu, ia mendukung penuh pelaksanaan PKS ini pada tingkat pelaksana. “Harapannya dengan PKS ini, baik PT PNM (Persero) dan Kementerian ATR/BPN dapat mendorong kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (RH/JR/YS).
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Pentingnya Profesional Kadaster Dalam Mendukung Pembangunan Indonesia Berkelanjutan
27/11/2020 12:02:47

Dalam mendukung pembangunan Indonesia yang berkelanjutan tentunya dapat dicapai melalui berbagai aspek. Misal melalui aktivitas ekonomi, perbaikan regulasi, peran pemerintah dan sumber daya manusia bahkan teknologi dapat menjadi faktor penting di dalamnya. "Saat ini _omnibus law_ dan tata ruang menjadi sangat penting," ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil pada pembukaan webinar _INA-Cadastre Digital Expo 2020,_ Kamis (26/11/2020).
Sukseskan Proyek Strategis Nasional, Kementerian ATR/BPN Sosialisasi Bersama Anggota Komisi II DPR RI
28/04/2021 10:36:54

Jakarta - Apabila mendengar mengenai Proyek Strategis Nasional (PSN), yang terbayang di benak sebagian dari kita adalah infrastruktur. Jika merunut dari pengertiannya, PSN adalah proyek dan/atau program yang dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan atau badan usaha yang memiliki sifat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Jadi, PSN ini tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, terdapat program lain di antaranya yang digawangi oleh Kementerian ATR/BPN yaitu Reforma Agraria serta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Reforma Agraria, Sebuah Ikhtiar Bersama Menyejahterakan Rakyat
30/10/2021 12:46:15

Jakarta &ndash Dalam masa penuh ketidakpastian, kehadiran negara secara berkelanjutan menjadi semakin penting. Ketimpangan permasalahan penguasaan dan pengolahan sumber-sumber agraria di Indonesia masih banyak yang belum terselesaikan. Apalagi kondisi ini diperparah dengan adanya dampak ekonomi dari pandemi Covid-19. 

Sosialisasi Aplikasi Sentuh Tanahku dan Loketku, Kenalkan Layanan Pintar untuk Masyarakat
24/12/2021 16:19:45

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sudah mulai melakukan transformasi digital sejak 2019 atau akhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang lalu. Kemudian, Kementerian ATR/BPN membuat roadmap untuk RPJMN berikutnya dengan tujuan menggeser posisi lembaga yang sekadar melayani pendaftaran tanah, menjadi lembaga pengelola informasi pertanahan dan bertaraf dunia.
EQ Merupakan Kunci Sukses Pribadi dan Profesional
01/10/2020 13:32:17

Manusia memang hanya bisa menilai kemampuan seseorang, melalui hal-hal yang terlihat, msialnya saat kita bersekolah dulu, kita bisa dikatakan pintar ataupun pandai jika nilai kita bagus dan mendapat ranking pertama di dalam kelas atau murid terpandai di sekolah.  Atau saat bekerja, kita sering melihat rekan kerja mendapat pujian karena kinerjanya memuaskan serta produktif. Hal ini dikarenakan Intelligence Quotient atau dikenal IQ. "IQ merupakan kemampuan penalaran seseorang. IQ juga memampukan seseorang untuk menggunakan informasi dan logika untuk menjawab pertanyaan serta membuat perkiraan," kata Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bidang Sumber Daya Manusia, Adriani Sukmoro pada Webinar dalam rangka Hantaru Tahun 2020, Rabu (30/09/2020).