`

 

Strategis, 67% Target PTSL Nasional di Jawa Bali

22/10/2020 23:51:56

 

Batu, Jawa Timur - Dalam rangka mewujudkan Rencana Strategis Kementerian ATR/BPN tahun 2020-2024, Kementerian ATR/BPN berkewajiban untuk menyediakan data bidang tanah dalam rangka penyelesaian kasus-kasus pertanahan dan mempersiapkan sistem pendaftaran tanah menuju stelsel positif. Hal ini dilaksanakan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dimulai sejak 2017. PTSL bertujuan melakukan pendaftaran tanah secara menyeluruh mulai dari tingkat desa/kelurahan dengan pola mendekat, merapat dan menyeluruh hingga seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar.    Salah satu hasil dari PTSL adalah desa/kelurahan yang bidang-bidang tanahnya terpetakan secara lengkap. Desa/kelurahan yang berpotensi lengkap ini dapat dipantau melalu dashboard PTSL. Potensi desa lengkap per 20 Oktober 2020 menunjukkan bahwa di Jawa-Bali terdapat potensi 2.010 desa/kelurahan lengkap, yaitu 49% dari 4.079 potensi desa/kelurahan lengkap nasional.   “Pulau Jawa dan Bali menempati posisi yang sangat strategis karena 67% Target PBT Nasional merupakan target PTSL di Jawa-Bali, 3.513.880 bidang. Oleh karenanya, keberhasilan PTSL di Jawa-Bali menentukan keberhasilan PTSL di Indonesia secara keseluruhan,” ditegaskan Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, R. Adi Darmawan, pada acara pembukaan Konsolidasi PTSL se–Jawa Bali di Kota Batu, Jawa Timur (21/10/2020).   Konsolidasi PTSL ini dilaksanakan selama 3 hari, diikuti oleh masing-masing perwakilan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional se Jawa-Bali,  baik secara tatap muka maupun melalui metode _video conference._    Pada acara ini juga ditekankan pula pentingnya peningkatan kualitas data bidang tanah seiring dengan upaya peningkatan jumlah bidang tanah terdaftar. Hal ini dapat diwujudkan dengan terus melakukan validasi data spasial dan tekstual, pemindaian warkah, penyelarasan data KKP (aplikasi) dengan fisik berkas agar pelayanan elektronik dapat dilaksanakan dengan risiko minimal.   “Semua pekerjaan yang kita lakukan di ATR/BPN mengandung risikonya masing-masing, baik pada satgas fisik, satgas yuridis maupun administrasi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada Saudara/Saudari Kepala Seksi dan Kepala Subseksi Kantor Pertanahan agar membuat _checklist_ dari pekerjaan yang akan dilakukan dalam rangka meminimalisir risiko dari kesalahan, yang mungkin terjadi pada saat melakukan pekerjaan,” ungkap Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Sunraizal, pada kesempatan yang sama.   Diharapkan peserta kegiatan konsolidasi ini mampu memberikan masukan positif terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi kegiatan survei dan pemetaan dalam rangka mewujudkan Pendaftaran Tanah Kota/Kabupaten Lengkap di Indonesia. (WN)   #KementerianATRBPN #MelayaniProfesionalTerpercaya   Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional    Twitter: @atr_bpn Instagram: @Kementerian.ATRBPN Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN Youtube: Kementerian ATRBPN Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Kementerian ATR/BPN Kenalkan Roadmap Reforma Agraria
01/06/2021 09:00:32

Jakarta – Reforma Agraria merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah. Program ini dilaksanakan oleh lintas sektor, salah satunya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Namun, dari mana Reforma Agraria berangkat? Semuanya berawal dari pengelolaan sumber daya agraria, yang diatur oleh Undang-Undang Dasar 1945 pada Pasal 33 Ayat (3). 
Wamen ATR/Waka BPN Dorong Pelaksanaan 4 Isu Terkait Reforma Agraria di Rakor GTRA Jawa Barat
30/04/2021 12:30:41

Bandung - Mengakhiri kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Barat, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra menghadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (Rakor GTRA) Provinsi Jawa Barat yang diadakan di Hotel Hilton Bandung pada Kamis, (29/04/2021). Pada kegiatan yang mengangkat tema "GTRA Jabar 2021 Connection (Collaboration-Network-Innovation), ini, Wamen ATR/Waka BPN menyampaikan 4 isu terkait pelaksanaan Reforma Agraria di Jawa Barat yang membutuhkan peran dari pihak terkait yang tergabung ke dalam GTRA.
Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Kementerian ATR/BPN Dorong Pengadaan Tanah untuk Infrastruktur
18/08/2020 07:20:03

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mempunyai peran penting dalam melaksanakan pengadaan tanah, dimana terkait erat dengan program strategis nasional dan pembangunan infrastruktur yang tengah digalakkan pemerintah. Terlebih dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, dibutuhkan percepatan pembangunan untuk membantu pemulihan ekonomi serta menjaga pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, dibutuhkan solusi untuk mengurai kendala yang ada.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, dalam acara Indonesia Maju di TVRI. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan secara virtual, dari ruang kerja Menteri ATR/Kepala BPN, Jakarta, Senin (17/08/2020).
Berantas Mafia Tanah, Kementerian ATR/BPN Pastikan Percepatan Sertipikasi Tanah
18/12/2020 07:41:09

Keseriusan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam menangani kasus sengketa dan konflik pertanahan dibuktikan dengan kesuksesan dalam memberantas sengketa dan konflik pertanahan akibat mafia tanah. Kali ini, terungkap kasus sindikat mafia tanah yang terdapat di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara (Sumut). 
Menteri ATR/Kepala BPN: Natal Menjadi Momentum Kita Untuk Berbuat Kasih
16/01/2021 08:31:37

Jakarta – Natal merupakan bentuk kasih Tuhan Yang Esa kepada umatNya agar selamat dari belenggu dosa. Hadirnya Immanuel merupakan bukti nyata Tuhan mengasihi manusia, sehingga setiap kita harus menerapkan kasih kepada sesama. “Melalui perayaan natal kali ini, menjadi momentum kita untuk berbuat kasih kepada sesama, meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat dengan sikap bersahabat, saling menghormati dan berkarya guna tercapainya program-program pemerintah terutama dalam bidang tata ruang dan pertanahan, yang merupakan tugas-tugas kita,” ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil saat memberikan sambutan pada Perayaan Natal Bersama Kementerian ATR/BPN secara daring, Jumat (15/01/2021).