`

 

Budaya Kerja dan Budaya Inovasi Berperan Besar Wujudkan ASN Profesional

01/06/2021 08:59:03

 

Revolusi mental bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan sebuah keharusan untuk mencapai tujuan pembangunan. Untuk itu, penerapan budaya organisasi melalui nilai-nilai organisasi Melayani, Profesional, Terpercaya menjadi penting karena sejalan dengan pembangunan visi dan misi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yaitu menjadi pengelola pertanahan dan tata ruang yang terpercaya dan berstandar dunia.
 
Dengan demikian, untuk mencapai institusi yang maju dan modern diperlukan tidak hanya membangun sesuatu yang bersifat fisik seperti dari gedung dan sistem, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana membangun dan mengembangkan ASN dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku. Oleh karena itu, melalui Pelatihan Budaya Kerja Organisasi dan Budaya Inovasi yang diselenggarakan Kementerian ATR/BPN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, diharapkan bisa memulai bagaimana jajaran di Kementerian ATR/BPN dapat menanamkan dan menerapkan nilai-nilai organisasi yang baik untuk melayani secara profesional dan terpercaya.
 
Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi, Gunawan Muhammad yang hadir sekaligus membuka pelatihan ini secara virtual pada Senin (31/05/2021), menyampaikan 2 (dua) hal pokok yang terkait dengan pelatihan ini yaitu budaya organisasi dan budaya inovasi. "Terkait dengan nilai organisasi yang pertama ini sangat penting karena kita tahu kita berasal dari berbagai tempat, suku, agama dan adat istiadat, ini perlu kita satukan dalam hal nilai organisasi kita yaitu melayani profesional dan terpecaya dan kita berharap melalui diklat semacam ini seluruh pegawai akan memahami apa nilai yang ada di kementerian kita setelah itu tentunya kita akan mewujudkan nilai-nilai organisasi ini dalam sikap dan perilaku kita," ujarnya.
 
Sebagai ilustrasi bagaimana para jajaran bisa menjadikan nilai-nilai organisasi ini bisa dijadikan sebagai sikap dan perilaku, Gunawan Muhammad mencontohkan sebagai orang Indonesia, kita selalu jika bicara dengan yang lebih tua maka kita menghargai, sebaliknya, biasa kita melindungi dan membimbing, hal itu harus diimplementasi di kehidupan sehari-hari dalam pelayanan kepada masyarakat. Di samping itu, nilai utama dari melayani adalah melayani dengan kejelasan prosedur biaya dan waktu, juga bersikap sopan, ramah, cermat dan teliti serta peduli terhadap lingkungan pelayanan.
 
"Tentunya kita berharap nilai ini bisa kita wujudkan dari sikap dan perilaku sehari-hari, karena kita tahu salah satu tugas kita adalah melayani masyarakat, kita masih sering mendengar banyak sekali pengaduan terkait pelayanan kita, maka dengan adanya pelatihan ini kita harapkan budaya dan nilai organisasi kita betul-betul menjadi sikap dan perilaku dari seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN. Jika itu bisa terlaksana, insya Allah banyak hal bisa kita tingkatkan dari kinerja, kepuasan masyarakat bahkan tidak kalah pentingnya adalah nilai dari pelaksanaan reformasi kita semakin meningkat," tutur Gunawan Muhammad.
 
Poin kedua yang disampaikan Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi adalah terkait budaya inovasi. Mengutip dari pernyataan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan yang mengatakan kita sebagai ASN jangan BAU atau business as usual, juga mengingat saat ini Indonesia dihadapkan pada era digital atau era 4.0 di mana perubahan berlangsung begitu cepat maka budaya inovasi ini sudah sepatutnya menjadi budaya dari seluruh jajaran di Kementerian ATR/BPN. "Jadi kita tidak bisa lagi berpikir yang rutin saja, kita setiap saat harus berpikir kreatif dan inovatif, bagaimana memperbaiki kinerja kita dari segi produktivitas, kuantitas juga kualitas. Jadi sekali lagi kita semua diharuskan memiliki dan mengimplementasikan budaya inovasi," imbuh Gunawan Muhammad.
 
Kepala PPSDM, Deni Santo dalam laporannya mengatakan pelatihan ini diselenggarakan dalam sistem blended learning dan dihadiri oleh peserta yang sangat beragam karena budaya organisasi diperuntukan bagi semua ASN setiap individu tidak terkecuali. "Jadi dalam kesempatan gelombang pertama ini, peserta terdiri dari pejabat tinggi pratama, administrator, kemudian beberapa pejabat fungsional," kata Deni Santo.
 
Adapun narasumber yang nantinya akan memberikan pemahaman pada pelatihan ini hadir dari Komisi ASN, PT KAI, dan Kementerian PAN RB. "Kita ingin melihat best practice dari PT KAI sepeti apa mereka membangun nilai dan budaya organisasinya sehingga kita bisa mengenali sifat-sifat yang baik di jajaran KAI, bagaimana cara melayaninya karena mereka telah membangun budaya organisasi dan budaya inovasi yang sudah jauh lebih dulu diterapkan. Mudah-mudahan penyelenggaraan ini dapat memberikan stimulus bagaimana nilai-nilai organisasi ini bisa kita terapkan di kemudian hari," jelas Deni Santo. (LS/TA)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Negeri Adat Melalui Reforma Agraria
22/02/2021 22:07:03

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata di Kabupaten Seram Bagian Barat dibutuhkan berbagai upaya, salah satunya melalui Reforma Agraria. Program ini yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk tidak hanya mensejahterakan rakyat Indonesia namun juga memeratakannya. Reforma Agraria adalah upaya multisektor, diperlukan koordinasi yang berkelanjutan agar program ini dapat berjalan. 
Intip Capaian Direktorat Jenderal Penataan Agraria
06/02/2021 10:58:39

Jakarta - Demi terwujudnya pengelolaan pertanahan dan penataan ruang yang terpercaya dan berstandar dunia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria terus melaksanakan salah satu program dan kegiatan terkait dengan Reforma Agraria dan pemberdayaan, yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat penerima program. 
Serahkan Sertipikat di Pulau-Pulau Kecil Terluar, Surya Tjandra: Ini Bentuk Negara Hadir
03/09/2021 14:12:03

Batam - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau kali ini berkesempatan berkunjung ke Pulau-Pulau Kecil Terluar. Selain itu, Surya Tjandra juga menyerahkan Sertipikat Hak Pakai di Pulau Batu Berhanti dan Pulau Pelampong kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Perhubungan.
Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Kampung Halaman
25/01/2021 10:06:09

Tanah Laut - Banjir besar melanda Provinsi Kalimantan Selatan diawal tahun 2021. Pulau yang hijau dan banyak vegetasi hijau pun bisa terdampak banjir. Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Rabu (20/01/2021), 21 orang meninggal, sebanyak 342.987 orang terdampak banjir, dimana 63.608 orang diantaranya mengungsi. Adapun infratsruktur yang terdampak akibat bencana ini meliputi 66.768 rumah terendam, 18.294 meter jalan terendam, dan 21 jembatan rusak serta 18.536 hektar lahan di 11 kabupaten/kota di  Provinsi Kalimantan Selatan gagal panen. Fakta tersebut menjadi bukti dashyatnya bencana banjir.
Tujuan Akhir Reforma Agraria adalah Memakmurkan Rakyat
13/11/2020 12:38:13

Reforma Agraria yang masuk ke dalam nawacita Presiden Republik Indonesia merupakan program pemerintah yang bukan hanya ditujukan untuk mengurangi ketimpangan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Tujuan akhir dari Reforma Agraria adalah memakmurkan rakyat dan bagaimana memberdayakan masyarakat yang basisnya adalah pemilikan penguasaan tanah," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN, Andi Tenrisau dalam acara Dialog Indonesia Bicara yang disiarkan TVRI, Kamis (12/11/2020).