`

 

Menjadi Mitra Kerja Kementerian ATR/BPN, Komisi II DPR RI Siap Dukung Program PTSL di Kabupaten Landak

27/05/2021 09:35:38

 

Landak – Dalam menjalankan program strategis nasional, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah hingga masyarakat. Sebagai mitra kerja sekaligus perwakilan masyarakat, Komisi II DPR RI akan membantu program strategis Kementerian ATR/BPN, khususnya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Landak.
 
Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi II DPR RI, Cornelis dalam kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Landak, Selasa (25/05/2021). Ia bertekad menyukseskan program yang telah dirancang oleh Presiden Joko Widodo ini. “Kami dari Komisi II, mitra kerja Kementerian ATR/BPN. Kementerian ATR/BPN telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Kita mengejar target proyek strategis nasional yang dirancang oleh Presiden ini bisa berjalan. Target kita tahun 2024 apa yang ditargetkan itu bisa terwujud. Ketika pemerintahan Jokowi ini berakhir tahun 2024, kita sudah bisa melihat bagaimana penyertipikatan berjalan dengan baik,” ujarnya.
 
Ia pun berharap agar target dan capaian program PTSL bisa terus bertambah dari tahun ke tahun. “Ini harapan, mudah-mudahan tahun 2022 ini kami bisa memberi anggaran yang cukup untuk satu tahun, anggaran tahun 2022 bisa menambah sertipikat baru untuk masyarakat kita, khususnya Kabupaten Landak tadi 50.000 bidang, mudah-mudahan tahun 2022 bisa 100.000 bidang,” tegas Cornelis. 
 
Turut mendukung langkah Kementerian ATR/BPN dan Komisi II DPR RI, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menyerukan Pemda agar mengikuti program-program terkait pertanahan. Ia meminta para Kepala Desa agar kooperatif dalam menjalankan program PTSL yang akan lebih memudahkan masyarakat dalam kepemilikan aset.
 
“PTSL erat kaitannya dengan Kades, dulu namanya prona tidak seperti sekarang programnya hanya spot-spot. Kalau sekarang mencakup wilayah satu desa. Jadi kalau Kadesnya tidak kooperatif, tidak lincah, susah, programnya tidak bisa jalan. Sebagai daerah agraris kita sangat membutuhkan berbagai program pemerintah bidang pertanahan. Oleh karena itu kegiatan ini kita sambut dengan baik, sama-sama kita dengarkan dengan baik apa saja program pemerintah, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita,” terangnya. 
 
Adapun program pertanahan yang sedang dijalankan di Kabupaten Landak, antara lain PTSL, pensertipikatan tanah instansi pemerintah, hingga konsolidasi tanah. “Tanah merupakan salah satu aset yang penting bagi kita semua, harus dikelola secara aman tanpa persengketaan yang mungkin saja terjadi. Prinsipnya pemerintah berupaya untuk memberikan program-program yang semakin memudahkan masyarakat untuk memiliki aset,” tutur Karolin.
 
Berdasarkan data, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Landak, Saumurdin menyebutkan bahwa perkiraan seluruh bidang tanah di Kabupaten Landak yakni 208.982 bidang. Sementara itu, bidang tanah yang sudah terdaftar administrasi sebanyak 119.878 bidang, dan yang belum terdaftar 89.104 bidang. “Rinciannya yaitu Hak Milik sebanyak 116.483 bidang, Hak Guna Usaha 1.891 bidang, Hak Guna Bangunan 795 bidang, Hak Pakai 671 bidang, Hak Pengelolaan 4 bidang, dan Hak Wakaf 34 bidang,” paparnya. (YS/SA/RH)
 
#KementerianATRBPN
#MelayaniProfesionalTerpercaya
#MajuDanModern
#MenujuPelayananKelasDunia
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/
Badan Pertanahan Nasional 
 
Twitter: @atr_bpn
Instagram: @Kementerian.ATRBPN
Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN
Youtube: Kementerian ATRBPN
Situs: atrbpn.go.id
Yuk Baca Informasi Lainnya..
UU Nomor 2 Tahun 2012 Solusi Dalam Mengurai Kendala Pengadaan Tanah
03/08/2020 13:44:04

Jakarta - Pengadaan tanah yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki fungsi penting dalam setiap pembangunan infrastruktur dan program strategis nasional lainnya. Namun pada prosesnya, sering kali terkendala pada saat proses pembebasan tanahnya. Dengan demikian, dibutuhkan solusi untuk mengurai kendala pada setiap tahapan pengadaan tanah.
Jabatan Fungsional Penata Ruang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Iklim Investasi Pasca UUCK
26/08/2021 15:27:30

Jakarta &ndash Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Webinar Berkarir dalam Jabatan Fungsional Penata Ruang pada Rabu (25/08/2021). Jabatan fungsional dilatarbelakangi oleh keinginan Presiden Joko Widodo untuk melakukan perampingan birokrasi pada Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah (Pemda).
Tingkatkan Profesionalitas Asesor, Kementerian ATR/BPN Adakan Pelatihan ESaC dan ETaC
08/12/2020 19:33:29

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan memberikan pemahaman mendalam perihal teknik dalam pengelolaan emosi pada aspek softskill/managerial skill untuk menunjang kinerja para asesor, Pusat Pengembangan Sumber Daya (PPSDM), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengadakan pelatihan Emotional SkillCompetence (ESaC) dan Evaluating TruthCredibility (ETaC), Selasa, (08/12/2020).
Kementerian ATR/BPN Targetkan Tanah di Sulawesi Tenggara Terdaftar seluruhnya Tahun 2025
01/09/2020 23:55:25

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan tahun 2025 seluruh tanah di Provinsi Sulawesi Tenggara dapat terdaftar seluruhnya. "Mudah-mudahan dapat kita percepat lagi," imbuh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil dalam sambutannya pada acara penyerahan sertipikat tanah di Aula Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (01/09/2020).
Wujudkan Pengelolaan Ruang dan Pertanahan yang Terpercaya serta Berstandar Dunia Melalui Pelatihan SPIP
10/10/2020 08:59:00

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menutup Pelatihan SPIP Integratif dan Pelatihan Penilaian Maturitas SPIP yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 5 Oktober s.d. 9 Oktober 2020 melalui video conference, Jumat (09/10/2020).