Plt - Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan

 

Ir. Himawan Arief Sugoto, M.T. lahir di Solo 27 April 1963, Seorang Insinyur, Entrepreneur dan dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sejak Mei tahun 2018 hingga saat ini.

Mengawali pendidikan tingginya, Himawan Arief Sugoto mengambil Pendidikan Sarjana Jurusan Teknil Sipil pada Institut Teknologi Bandung (ITB), diselesaikan pada tahun 1990 dan berhasil menamatkan pendidikan Master in Project Management pada Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2001 dengan predikat Cum Laude.

Karir seseorang tak lepas dari kerja keras dan semangatnya untuk mencapai kesuksesan, Himawan Arief Sugoto muda belajar banyak dari budaya kerja orang Jepang. Bekerja secara profesional dan menghargai sesama rekan kerja, kepercayaan serta networking. Sepulang dari Jepang, Himawan Arief Sugoto masuk ke bisnis property, atas performanya Himawan Arief Sugoto diangkat menjadi Chief Operation Officer PT Prosys Bangun Nusantara (Bakrie Group) pada tahun 1995 dan pada tahun 2000 menjadi President Director/CEO PT Prosys Bangun Persada. Perjalanan karir Himawan Arief Sugoto tidak selalu mulus, tapi kemampuannya mengambil keputusan dan network yang luas membantunya melewati berbagai rintangan pada dunia usaha. Prestasi dan sepak terjangnya di dunia property inilah yang mengantarkan Himawan Arief Sugoto menjadi Direktur Utama Perum Perumnas pada tahun 2007 dan di tahun 2020 juga menjabat sebagai Komisaris pada PT Rajawali Nusantara Indonesia.

Mengawali karirnya dipemerintahan pada tahun 2017, Himawan Arief Sugoto dipercaya menjadi Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN oleh Sofyan A. Djalil (Menteri ATR/Kepala BPN). Dilantiknya Himawan Arief Sugoto yang berlatar belakang non ASN menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini dimungkinkan, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil mengatur hal tersebut. Himawan Arief Sugoto hingga saat ini dipercaya membantu Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN. 

Beragam pendidikan, pelatihan dan penghargaan telah didapatkan, beberapa contohnya adalah Sertifikat International Assessor for Project Management oleh Australia Institute of Project Management dan Sertifikat Manajer Proyek Utama oleh Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia (IAMPI). Tidak hanya ahli dalam bidang Project Management, Himawan Arief Sugoto memiliki keahlian pada bidang Public Housing & Urban Development, Property & Land Banking, Strategic Planning & Project Management dan Marketing & Business Development. Pengalaman dalam kegiatan eksternal yang pernah diikuti antara lain:

  1. Ketua Komite Tetap Penyediaan Lahan KADIN Periode 2008 – 2010
  2. Sekjen IAMPI (Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia) Periode 2000 – 2008
  3. Founder Member (Project Management Institute Indonesian Chapter)
  4. Wakil Ketua Bidang Permukiman & Prasarana Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
  5. Wakil Ketua ALSI - ITB (Alumni Teknik Sipil ITB)
  6. Anggota Dewan Pembina HUD Institute

Himawan Arief Sugoto memiliki strategic goal Kementerian ATR/BPN tahun 2025. Tujuh strategic goal itu adalah 1) Terwujudnya keadilan pertanahan; 2) Mendaftarkan bidang-bidang tanah di seluruh Indonesia; 3) Penataan ruang berbasis RDTR untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang mendorong pertumbuhan ekonomi; 4) Meningkatkan standar kompetensi SDM menuju birokrasi berstandar dunia; 5) Mewujudkan Kantor Layanan Modern yang memberikan produk, layanan dan pusat informasi pertanahan dan tata ruang secara elektronik berbasis teknologi informasi; 6) Mengoptimalkan layanan informasi pertanahan dan tata ruang sebagai basis penerimaan negara dalam rangka self-financing ; dan 7) Mewujudkan kepastian hukum hak atas tanah dengan memberlakukan sistem pendaftaran tanah stelsel positif.

Pada tahun 2020 ini peningkatan kualitas PTSL adalah upaya Kementerian ATR/BPN untuk bertransformasi lebih maju dan lebih baik, dengan tagline yang baru yakni Melayani, Profesional dan Terpercaya.

Maklumat Standar Pelayanan