Siaran Pers

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional

WBS Untuk Cegah Praktik Korupsi

25/01/2021 19:46:48 Jakarta-Pada tanggal 21 Desember 2020 yang lalu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bekerja sama dengan KPK untuk melakukan penanganan pengaduan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Tujuan dari kerja sama tersebut untuk membangun dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanganan pengaduan, baik secara internal maupun eksternal yang telah terintegrasi secara profesional, transparan, akuntabel dengan mengutamakan kerahasian dalam rangka optimalisasi pemberantasan korupsi.   

 

Reforma Agraria Konteks Papua Mengutamakan Pemetaan Sosial dan Spasial Wilayah Adat

25/01/2021 17:12:08 Jayapura - Setelah tiga bulan berlalu, kali ini Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (Wamen ATR)/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Waka BPN), Surya Tjandra kembali mengunjungi Provinsi Papua. Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat, Kementerian ATR/BPN selaku _leading sector_ pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria merasa perlu meningkatkan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria dengan  mempertimbangkan kontekstual Papua.

 

Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Kampung Halaman

25/01/2021 10:06:09 Tanah Laut - Banjir besar melanda Provinsi Kalimantan Selatan diawal tahun 2021. Pulau yang hijau dan banyak vegetasi hijau pun bisa terdampak banjir. Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Rabu (20/01/2021), 21 orang meninggal, sebanyak 342.987 orang terdampak banjir, dimana 63.608 orang diantaranya mengungsi. Adapun infratsruktur yang terdampak akibat bencana ini meliputi 66.768 rumah terendam, 18.294 meter jalan terendam, dan 21 jembatan rusak serta 18.536 hektar lahan di 11 kabupaten/kota di  Provinsi Kalimantan Selatan gagal panen. Fakta tersebut menjadi bukti dashyatnya bencana banjir.

 

Percepat Penyelesaian Konflik, Pemerintah Lakukan Kajian Konflik Pertanahan di Indonesia

22/01/2021 20:19:08 Dalam melakukan pembinaan serta pengawasan dalam penyelesaian konflik pertanahan di daerah, pemerintah pusat terus berupaya dengan menganalisis penyebab terjadinya konflik, hambatan serta peran pemerintah daerah. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan webinar Kajian Konflik Pertanahan  di Indonesia pada Jumat (22/01/2021).   Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai salah satu lembaga yang berperan dalam penanganan sengketa, konflik dan perkara pertanahan, turut berkontribusi pada diskusi tersebut. Pada kesempatan itu, Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik, Direktorat Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Daniel Adityajaya memaparkan terkait penyelesaian konflik agraria dan penguatan kebijakan reforma agraria. 

 

Sertipikat Elektronik: Era Baru Pendaftaran Tanah di Indonesia

22/01/2021 19:16:13 Jakarta - Pemerintah telah memberikan banyak stimulus untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia. Salah satunya dengan menggencarkan DILAN (Digital Melayani).

 

Siaran Pers Lainnya
Sertipikat Elektronik: Era Baru Pendaftaran Tanah di Indonesia
22/01/2021 19:16:13
Jakarta - Pemerintah telah memberikan banyak stimulus untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia. Salah satunya dengan menggencarkan DILAN (Digital Melayani).
Menteri ATR/Kepala BPN : Spirit Generasi Muda Merupakan Kekuatan Perencanaan Tata Ruang di Indonesia
07/12/2020 08:49:03
Proses perencanaan tata ruang yang matang merupakan upaya untuk menciptakan kondisi tata ruang wilayah yang lebih baik di masa mendatang. Oleh karena itu, dalam proses perencanaan tata ruang perlu mempertimbangkan hal-hal yang dibutuhkan di masa mendatang. Generasi muda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam akselerasi perencanaan tata ruang di Indonesia. Kaum muda ini merupakan aktor dan kekuatan dalam perencanaan untuk mewujudkan Indonesia maju. 
Wamen ATR/Waka BPN: Kolaborasi dan Sinergi, Kunci Peningkatan Perekonomian
21/12/2020 12:16:06
Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, sociopreneur merupakan solusi gerakan sosial di bidang ekonomi yang dapat memberikan peluang usaha terutama di daerah pedesaan. Selain perbaikan ekonomi mikro, sociopreneur mampu meningkatkan perekonomian nasional, dimana untuk mewujudkannya dibutuhkan kolaborasi untuk menciptakan sinergi sehingga mampu menghasilkan dampak yang optimal. 
Wujudkan Nilai-Nilai Kementerian, PPSDM Bersama Ditjen Taru Selenggarakan Uji Kompetensi Penataan Ruang
21/09/2020 15:33:21
Birokrasi yang Melayani, Profesional dan Terpercaya merupakan nilai-nilai yang kini dipegang oleh seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Untuk mewujudkan hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang menyelenggarakan uji kompetensi penataan ruang secara daring, Senin (21/09/2020).

 
Tata Ruang dan Pertanahan Fondasi Pembangunan Nasional
24/09/2020 10:35:32
Jakarta – Tanah dan ruang merupakan infrastruktur paling dasar dalam pembangunan bangsa. Untuk itu, sebagai pengelola pertanahan dan tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki fungsi dan peran penting di dalamnya. Hal ini disadari dan diungkapkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil pada acara Ngopi Bareng (Ngobrol Pintar Bareng) yang dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dalam rangka learning and sharing yang dilakukan secara langsung dan daring oleh seluruh jajaran pada Rabu (23/09/2020).