Siaran Pers

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional

Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi dengan Reforma Agraria

27/09/2020 22:46:12 Jakarta - Dampak ekonomi krisis di berbagai sektor akibat adanya pandemi Covid-19, harus diisi dengan inovasi untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu caranya dengan reforma agraria yang berdampak langsung bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta reforma agraria untuk ditetapkan sebagai program strategis nasional.

 

Kolaborasi dalam Menyediakan Ruang Hidup bagi Masyarakat Adat

27/09/2020 22:43:16 Jakarta - Pemerintah berkomitmen memberikan pengakuan serta perlindungan terhadap masyarakat adat. Hingga saat ini upaya tersebut masih merupakan sebuah tantangan yang besar. Tantangan yang dihadapi antara lain luasnya wilayah negara kita dengan karakteristik yang berbeda, infrastruktur, kondisi sosial-politik lokal, Sumber Daya Alam, serta kebijakan masing-masing daerah sebagai implikasi desentralisasi menyebabkan adanya variasi progres pencapaian di berbagai wilayah. 

 

Wujudkan Tertib Administrasi Pertanahan dengan Trijuang

27/09/2020 22:40:05 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur serta Pencanangan Program Trijuang oleh Menteri ATR/Kepala BPN dalam rangka mewujudkan data pertanahan berbasis bidang di seluruh Provinsi Jawa Timur melalui _video conference_, Jumat (25/09/2020).

 

Sofyan A. Djalil : Pain Sharing Adalah Kunci Keberlanjutan Program Biodiesel

27/09/2020 22:37:03 "Pain sharing adalah kunci keberlanjutan program biodiesel untuk melewati tekanan pada saat ini. Seluruh pemangku kepentingan harus turut berkomitmen dalam mendorong program biodiesel," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil pada acara "Analisis Sensitivitas Skenario Program Biodiesel" yang diselenggarakan oleh Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI) secara virtual pada Jumat (25/09/2020).

 

Strategi Reforma Agraria dalam Menyejahterakan Masyarakat

27/09/2020 22:33:39 Jakarta - Setelah UUPA 1960 disahkan 6 (enam) dasawarsa yang lalu, pelaksanaan reforma agraria masih terus berjalan. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai pengelola pertanahan dan tata ruang di Indonesia, sigap untuk menangani program prioritas dalam Nawa Cita yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Upaya-upaya untuk mempercepat implementasi reforma agraria di Indonesia terus dilaksanakan. 

 

Siaran Pers Lainnya
Kementerian ATR/BPN Raih Tiga Penghargaan dari Kementerian Keuangan
22/09/2020 18:02:10
Jakarta - Kerja keras serta kerja ikhlas memang selalu memperoleh ganjaran yang baik. Hal ini dirasakan oleh seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) usai mendapat tiga penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring, Selasa (22/09/2020). Acara tersebut diikuti Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dan Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kementerian ATR/BPN, Agust Yulian.
Tutup PKA Angkatan I dan PKP Angkatan I dan II, Irjen Minta Peserta Tanggap Terhadap Isu Faktual
30/08/2020 10:07:44
Bogor - Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Sunraizal, menutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)  Angkatan I serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I dan II Tahun 2020, Jumat (28/08/2020). Penutupan kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) resmi  tersebut dilaksanakan melalui video conference. Diikuti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, R. Adi Darmawan; beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama; beberapa Kepala Kanwil BPN Provinsi; jajaran PPSDM, serta para Widyaiswara.
Wujudkan Nilai-Nilai Kementerian, PPSDM Bersama Ditjen Taru Selenggarakan Uji Kompetensi Penataan Ruang
21/09/2020 15:33:21
Birokrasi yang Melayani, Profesional dan Terpercaya merupakan nilai-nilai yang kini dipegang oleh seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Untuk mewujudkan hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang menyelenggarakan uji kompetensi penataan ruang secara daring, Senin (21/09/2020).

 
Sofyan A. Djalil: Menjadi Pejabat itu Pengabdian
14/09/2020 22:06:20
Jakarta - Memasuki minggu ke-2 bulan September 2020, Jakarta kembali memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan mematuhi semua protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan rambu-rambu PSBB, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil melantik dan mengambil sumpah janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama secara langsung maupun secara virtual, Senin (14/09/2020).
Percepat Pelaksanaan Pengadaan Tanah untuk Bendungan, Kementerian ATR/BPN Lakukan Evaluasi
08/09/2020 08:52:45
Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan melakukan rapat evaluasi pelaksanaan pengadaan tanah mengenai bendungan secara virtual dengan agenda utama evaluasi pelaksanaan pengadaan tanah mengenai kendala-kendala yang terjadi di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali yang dipimpin langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil pada Senin (07/09/2020).