Siaran Pers

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional

 

Tutup Rakerda Jawa Tengah, Sekretaris Jenderal: Program Digitalisasi Tidak Bisa Ditolak
21/10/2020 07:06:36

Dalam rangka mencapai Realisasi Kinerja Fisik dan Anggaran di atas 90% dan sebagai bentuk tindak lanjut hasil pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Nasional Terpusat tanggal 7 Oktober s.d. 10 Oktober 2020, Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan Rapat Kerja Daerah pada tanggal 14 Oktober s.d. 16 Oktober 2020 dengan tema Satu Data Jawa Tengah Menuju Satu Data Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Grand Artoz Magelang, Jumat (16/10/2020).


Kementerian ATR/BPN Bersama BPKP Kembali Selenggarakan Diklat SPIP
21/10/2020 06:58:06

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini terus berbenah. Mulai dari aspek pelayanan, Kementerian ATR/BPN terus melahirkan inovasi layanan dalam bidang pertanahan, yang tujuannya memberikan kemudahan bagi masyarakat. Tidak hanya itu saja, terhitung dari tahun lalu, Kementerian ATR/BPN juga melakukan transformasi layanan dari layanan konvensional menuju ke layanan elektronik.


Pembangunan ZI Dimulai dari Komitmen Pimpinan
21/10/2020 06:55:51

Pembangunan Zona Integritas (ZI) merupakan satuan dari Reformasi Birokrasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mencegah korupsi dan menuju perubahan yang lebih baik. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Uji Kompetensi Pelatihan Zona Integritas, Jumat (16/10/2020).


UUCK Lahir Karena Hambatan Dalam Berusaha dan Berbelitnya Perizinan
21/10/2020 06:52:14

Jakarta - Peraturan perundang-undangan atau istilah lainnya regulasi memang menjadi dasar dalam kegiatan yang dilakukan pemerintah. Namun, seiring berjalannya waktu, regulasi yang dibuat oleh pemerintah sendiri maupun pemerintah daerah akhirnya menghambat kemudahan dalam berusaha. Imbasnya adalah ada sekitar 2,9 juta masyarakat Indonesia yang sulit mendapat pekerjaan alias menganggur. Masalah ini terus berulang setiap tahun sehingga butuh langkah terobosan untuk menyelesaikannya.


UUCK Akan Lepaskan Indonesia dari Regulasi yang Menghambat
17/10/2020 19:50:31

Jakarta - Indonesia merupakan negeri yang kaya potensi. Tanahnya subur serta banyak kandungan mineral di dalam tanahnya merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap orang di dunia. Sejatinya Indonesia sudah menjadi negara yang masyarakatnya makmur dan sejahtera, seperti cita-cita pendiri bangsa kita dulu. Namun, hingga kini, Indonesia masih berjuang menjadi negara yang makmur dan sejahtera dikarenakan adanya masalah yang memang tidak selesai sejak kita merdeka. Salah satu hal yang mendasari adalah masih banyaknya masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan, umumnya dikarenakan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

 


Berita Lainnya
Tindak Lanjut RDP dengan Komisi II DPR RI, Kementerian ATR/BPN Maksimalkan Program di 2021
22/09/2020 23:29:37

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terkait Penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI dan Pengambilan Keputusan di DPR RI, Jakarta, Selasa (22/09/2020).
Reforma Agraria untuk Ciptakan Pemerataan Ekonomi
01/10/2020 13:47:02

Gunung Kidul - Pemerintah terus berupaya melakukan kebijakan pemerataan ekonomi baik di kota maupun di desa, salah satunya melalui program Reforma Agraria. Program ini dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat dalam mendapatkan modal berusaha melalui sertipikat tanah sebagai jaminan yang nantinya dapat digunakan masyarakat untuk lebih produktif.
UU Nomor 2 Tahun 2012 Solusi Dalam Mengurai Kendala Pengadaan Tanah
03/08/2020 13:44:04

Jakarta - Pengadaan tanah yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki fungsi penting dalam setiap pembangunan infrastruktur dan program strategis nasional lainnya. Namun pada prosesnya, sering kali terkendala pada saat proses pembebasan tanahnya. Dengan demikian, dibutuhkan solusi untuk mengurai kendala pada setiap tahapan pengadaan tanah.
Sikapi Generation Gap Melalui Kolaborasi Antar Generasi di Kementerian ATR/BPN
07/09/2020 18:08:57

Jakarta - Entah disadari atau tidak, Generation Gap cukup sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Generation Gap merupakan fenomena yang disebabkan karena adanya perbedaan sikap antar individu yang berasal dari kelompok usia yang berbeda sehingga berpotensi menimbulkan konflik atau jarak. Hal itu biasanya disebabkan karena kurangnya pemahaman antar individu, seperti pada organisasi yang di dalamnya terdapat beberapa generasi dengan berbagai jabatan. 

 
Sofyan A. Djalil: Menjadi Pejabat itu Pengabdian
14/09/2020 22:06:20

Jakarta - Memasuki minggu ke-2 bulan September 2020, Jakarta kembali memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan mematuhi semua protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan rambu-rambu PSBB, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil melantik dan mengambil sumpah janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama secara langsung maupun secara virtual, Senin (14/09/2020).

 

Pengumuman

Daftar Pengumuman

 

Alamat Kami

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional