Siaran Pers

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional

 

Tutup Rakerda Jawa Tengah, Sekretaris Jenderal: Program Digitalisasi Tidak Bisa Ditolak
21/10/2020 07:06:36

Dalam rangka mencapai Realisasi Kinerja Fisik dan Anggaran di atas 90% dan sebagai bentuk tindak lanjut hasil pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Nasional Terpusat tanggal 7 Oktober s.d. 10 Oktober 2020, Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan Rapat Kerja Daerah pada tanggal 14 Oktober s.d. 16 Oktober 2020 dengan tema Satu Data Jawa Tengah Menuju Satu Data Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Grand Artoz Magelang, Jumat (16/10/2020).


Kementerian ATR/BPN Bersama BPKP Kembali Selenggarakan Diklat SPIP
21/10/2020 06:58:06

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini terus berbenah. Mulai dari aspek pelayanan, Kementerian ATR/BPN terus melahirkan inovasi layanan dalam bidang pertanahan, yang tujuannya memberikan kemudahan bagi masyarakat. Tidak hanya itu saja, terhitung dari tahun lalu, Kementerian ATR/BPN juga melakukan transformasi layanan dari layanan konvensional menuju ke layanan elektronik.


Pembangunan ZI Dimulai dari Komitmen Pimpinan
21/10/2020 06:55:51

Pembangunan Zona Integritas (ZI) merupakan satuan dari Reformasi Birokrasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mencegah korupsi dan menuju perubahan yang lebih baik. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Uji Kompetensi Pelatihan Zona Integritas, Jumat (16/10/2020).


UUCK Lahir Karena Hambatan Dalam Berusaha dan Berbelitnya Perizinan
21/10/2020 06:52:14

Jakarta - Peraturan perundang-undangan atau istilah lainnya regulasi memang menjadi dasar dalam kegiatan yang dilakukan pemerintah. Namun, seiring berjalannya waktu, regulasi yang dibuat oleh pemerintah sendiri maupun pemerintah daerah akhirnya menghambat kemudahan dalam berusaha. Imbasnya adalah ada sekitar 2,9 juta masyarakat Indonesia yang sulit mendapat pekerjaan alias menganggur. Masalah ini terus berulang setiap tahun sehingga butuh langkah terobosan untuk menyelesaikannya.


UUCK Akan Lepaskan Indonesia dari Regulasi yang Menghambat
17/10/2020 19:50:31

Jakarta - Indonesia merupakan negeri yang kaya potensi. Tanahnya subur serta banyak kandungan mineral di dalam tanahnya merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap orang di dunia. Sejatinya Indonesia sudah menjadi negara yang masyarakatnya makmur dan sejahtera, seperti cita-cita pendiri bangsa kita dulu. Namun, hingga kini, Indonesia masih berjuang menjadi negara yang makmur dan sejahtera dikarenakan adanya masalah yang memang tidak selesai sejak kita merdeka. Salah satu hal yang mendasari adalah masih banyaknya masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan, umumnya dikarenakan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

 


Berita Lainnya
Kementerian ATR/BPN Serahkan 22.335 Sertipikat Tanah Secara Virtual di Provinsi Banten
07/08/2020 22:13:22

Jakarta - Setelah sebelumnya dilaksanakan penyerahan sertipikat tanah di Provinsi Riau, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali melaksanakan penyerahan sertipikat tanah secara virtual. Kali ini, sebanyak 22.335 Sertipikat Tanah dibagikan di Provinsi Banten, Jumat (07/08/2020). Sertipikat tanah dibagikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten kepada 16 orang perwakilan penerima. Sertipikat tersebut berasal dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Pelaksanaan PTSL tersebut diapresiasi oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil. “Saya sangat mengapresiasi kerja baik teman-teman di BPN, di masa Covid-19 pun, tidak membuat seluruh jajaran menyerah untuk mendaftarkan bidang tanah khususnya di Provinsi Banten. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan kualitas kerja kita sebagai pelayan masyarakat, sehingga BPN menjadi instansi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN menjelaskan kenapa seluruh bidang tanah harus disertipikatkan. “Pertama, dengan memiliki sertipikat, tanah masyarakat memiliki kepastian hukum sehingga bisa mengurangi konflik pertanahan yang terjadi. Kedua, masyarakat yang memiliki sertipikat bisa mendapatkan akses ke perbankan untuk pengajuan modal usaha, dengan kredit usaha rakyat hanya 6% per tahun, insya Allah kalau digunakan dengan baik bisa meningkatkan kesejahteraan kita semua,” jelasnya.

Di samping mendaftarkan bidang tanah di Indonesia, Kementerian ATR/BPN saat ini sedang fokus dalam memberantas sengketa dan konflik pertanahan. “Ada dua hal yang menyebabkan terjadinya sengketa, biasanya orang yang punya tanah tapi tidak peduli dengan tanahnya sehingga diserobot orang lain. Hal lainnya adalah mafia tanah. BPN bekerja keras untuk memeranginya, kami lakukan kerja sama dengan Polri dan Kejaksaan untuk mengurangi mafia tanah. Insya Allah kalau seluruh bidang tanah sudah kita daftarkan, sengketa akan berkurang,” tegas Sofyan A. Djalil.
Kampung 3G Kini telah Tersertipikasi
01/09/2020 23:42:37

Malang - Pernah mendengar Kampung 3G di Kota Malang? Ya, kampung Glintung Go Green yang lebih dikenal dengan Kampung 3G itu kini telah seluruhnya tersertipikasi. Hal tersebut ditandai dengan diserahkannya sertipikat kepada warga Kampung 3G oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra, di Taman Garuda, Glintung, Malang, Selasa (01/09/2020).
Wujudkan Tertib Administrasi Pertanahan dengan Trijuang
27/09/2020 22:40:05

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur serta Pencanangan Program Trijuang oleh Menteri ATR/Kepala BPN dalam rangka mewujudkan data pertanahan berbasis bidang di seluruh Provinsi Jawa Timur melalui _video conference_, Jumat (25/09/2020).
Kembangkan Kompetensi Manajerial dengan Mengatur Diri Sendiri
24/09/2020 20:32:28

Jakarta - Untuk membuka pola pikir Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), penting bagi para ASN untuk merefleksikan potensi serta mengidentifikasi area pengembangan dalam diri masing-masing individu. Untuk itu, diselenggarakan Webinar#9 Pengembangan Kompetensi Managerial Bagi Pemimpin dan Calon Pemimpin oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN yang mengusung tema Managing Oneself.
Pertahankan Kinerja Tujuh Tahun Berturut-Turut, Kementerian ATR/BPN Peroleh Opini WTP dari BPK
11/08/2020 17:20:19

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Penghargaan Opini WTP ini yang diperoleh selama 7 tahun berturut-turut. 

 

 

Pengumuman

Daftar Pengumuman

 

Alamat Kami

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional