Jokowi Bagikan 4.065 Sertipikat Tanah di Pasuruan

 

Pasuruan - 4.065 Sertipikat Tanah dibagikan oleh Presiden Jokowi dalam acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat di GOR Sasana Krida Anoraga, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (12/5).

Dalam laporannya kepada Presiden Jokowi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil megingatkan janji Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur untuk dapat merealisasikan target pensertipikatkan tanah di Jawa Timur tepat pada waktunya.

"Tadi menurut Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur, dengan kerja keras mereka, mereka berjanji seluruh tanah di Jawa Timur sudah terdaftar dan bersertipikat pada tahun 2023," ujar Sofyan. 

Dalam laporannya, Menteri ATR/Kepala BPN juga menyampaikan kepada Presiden bahwa target pensertipikatan tanah di Provinsi Jawa Timur di Tahun 2018 sebanyak 1.570.000 sertipikat.

Pembagian sertipikat gencar dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN merupakan hasil dari program Legalisasi Aset melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bertujuan agar dapat mensejahterakan rakyat dan mengurangi sengketa kepemilikan tanah.

Presiden Jokowi menyampaikan alasannya mendorong Kementerian ATR/BPN untuk dapat menyelesaikan 7 Juta Sertipikat yang akan dibagikan kepada masyarakat. 

"Jadi kenapa saya dorong agar 7 juta sertipikat di seluruh tanah air itu bisa diterima masyarakat, karena setiap saya ke kampung, ke desa semua provinsi selalu keluhannya sengketa tanah, sengketa lahan dimana-mana. Sengketa terjadi karena tidak pegang yang namanya sertipikat yaitu tanda bukti hak hukum atas tanah," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan kepada seluruh penerima sertipikat agar menjaga dengan baik sertipikat yang dimiliki. "Kalau sudah pegang yang namanya sertipikat tolong diberi plastik, disimpan tapi sebelum disimpan difotocopy dulu. Agar kalo aslinya hilang masih ada fotokopi bisa diurus ke kantor BPN" kata Jokowi.

Program penyerahan sertipikat ini disambut senang oleh para peserta karena program ini merupakan program yang banyak dinanti masyarakat yang tanahnya belum bersertipikat. Seperti yang diungkapkan oleh Mujito, salah seorang penerima sertipikat dari Kabupaten Pasuruan. "Saya senang sekali menerima sertipikat, itu memang yang saya harapkan dari dulu, yang saya nanti-nanti," ujarnya. 

Perasaan senang juga diungkapkan oleh Ibu Somilia asal Kota Pasuruan. "Saya berterimakasih, alhamdulillah saya dapat sertipikat dari program pak Jokowi, pokoknya saya senang sekali," ungkapnya.

Pada hari yang sama Jokowi juga menyerahkan 205 Sertipikat Tanah Wakaf dalam acara peresmian HIPMI Pesantren Preneur di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Pasuruan.