Kementerian ATR/BPN Bagikan 4.000 Sertipikat di Kabupaten Dharmasraya

Dharmasraya - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus meningkatkan pelayanan di bidang pertanahan. Hal ini dibuktikan dengan dibagikannya 4.000 sertipikat tanah kepada masyarakat di Sport Centre, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (7/2).

Dari 4.000 sertipikat yang dibagikan, 3.000 sertipikat di antaranya berasal dari Kabupaten Dharmasraya, 120 sertipikat berasal dari Kabupaten Sijunjung, 120 sertipikat berasal dari Kabupaten Solok, 150 sertipikat berasal dari Kabupaten Tanah Datar, 240 sertipikat berasal dari Kota Padang, 80 sertipikat berasal dari Kabupaten Pariaman, 40 sertipikat berasal dari Kabupaten Agam, 40 sertipikat berasal dari Kabupaten Pasaman, 80 sertipikat berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota, serta 130 sertipikat berasal dari Kabupaten Solok Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI, Joko Widodo berkesempatan menyerahkan sertipikat tanah kepada 12 orang perwakilan masyarakat. 

Dalam pidatonya, Presiden mengatakan agar pensertipikatan tanah di wilayah Provinsi Sumatera Barat dapat selesai pada tahun 2023. Presiden mengungkapkan bahwa saat ini baru 46 juta bidang tanah yang disertipikatkan di wilayah Indonesia.

"Setiap masyarakat wajib memegang yang namanya sertipikat," kata Presiden. Ia mengutarakan lebih lanjut agar setiap masyarakat menjaga sertipikat yang telah didapat. Presiden berpesan agar masyarakat yang memegang sertipikat dapat merawat sertipikatnya. "Sertipikat sebaiknya diberi plastik karena apabila atap rumah bocor, tidak rusak. Selain itu, sertipikat yang diterima difotokopi. Karena jika yang asli hilang dapat dengan mudah diterbitkan yang baru," himbau Presiden. 

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Barat mendapat target 80.000 dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2018 ini. "Untuk tahun ini, target PTSL di Provinsi Sumatera Barat 80.000 bidang," ungkap Sofyan.

Lebih lanjut, Sofyan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kesuksesan dalam pelaksanaan PTSL pada tahun 2017 yang lalu. "Kesuksesan pelaksanaan PTSL pada tahun yang lalu tidak lepas dari kerjasama serta peran yang diberikan oleh Komisi II DPR RI, Gubernur, serta Pemerintah Kabupaten/Kota. Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini," ungkap Sofyan.