Siaran Pers
Lantik MPPP dan MPPW, Menteri ATR/Kepala BPN: Segera Bekerja Nyata Lakukan Pembinaan dan Pengawasan PPAT
06/10/2021 16:52:48

Jakarta - Sebagai implementasi dari Peraturan Menteri (Permen) ATR/Kepala BPN Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melantik 11 orang Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Pusat (MPPP), serta 8 orang Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Wilayah (MPPW). MPPP diketuai oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT), Suyus Windayana.
Dua Penghargaan Diterima Menteri ATR/Kepala BPN di Akhir Tahun 2020
22/12/2020 11:50:17

Jakarta - Minggu lalu Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil menerima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari KAPOLRI. "Hari ini Bapak Sofyan A. Djalil kembali menerima penghargaan sebagai Pemimpin Perubahan di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Tahun 2020 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati di Jakarta (21/12/2020).
Kolaborasi Antar-Pemangku Kepentingan, Kunci Berantas Mafia Tanah
18/11/2021 16:06:34

Jakarta - Kejahatan Pertanahan atau mafia tanah menjadi suatu persoalan yang harus segera diberantas guna menciptakan keadilan dan kepastian hukum hak atas tanah di Indonesia. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) selaku instansi pemerintah yang mengurusi administrasi pertanahan dan tata ruang, terus gencar melawan para pelaku kejahatan di bidang pertanahan. Salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Tanah yang berkolaborasi dengan Kepolisian RI dan Kejaksaan RI.
Buka Penyusunan RKA-KL, Sekjen: Lakukan Penyusunan Anggaran Secara Tepat
16/10/2020 16:42:21

Jakarta - Menjelang akhir tahun 2020, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memulai penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) untuk rencana kerja Tahun Anggaran 2021. Kegiatan penyusunan tersebut dilaksanakan di Hotel Veranda, Jakarta, Rabu (14/10/2020) dan dilaksanakan juga secara daring yang diikuti oleh Kepala Bagian Program dan Hukum pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian ATR/BPN, Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Subbagian Perencanaan dan Evaluasi pada Kantor Wilayah BPN Provinsi, serta Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota.

 
PP Turunan UUCK Bidang Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Sebagai Respons Dinamika Pertumbuhan Masyarakat
06/10/2021 16:58:41

Jakarta - Pertumbuhan masyarakat dunia, termasuk Indonesia, sangat dinamis. Hal ini berpengaruh juga terhadap penataan ruang di suatu wilayah. Oleh karena itu, negara-negara yang berada dalam kondisi tertentu harus merespons dengan beberapa skenario, sebagai antisipasi dan penyesuaian terhadap perubahan tersebut.